Langsung ke konten utama

DZUHUR BERJAMAAH


          
Jam di HP menunjukan pukul 11.45. Bel istirahat siang sudah berbunyi, kegiatan selanjutnya adalah sholat dzuhur berjamaah di masjid Daarul Uluum SMAN 16 Bandung. 
Sayup-sayup terdengar suara sholawatan yang dikumandangkan oleh Bima, Rifki, Adam dan yang lainnya. Mereka adalah siswa kelas XI yang saya perhatikan rajin berjamaah dzuhur. Biasanya mereka sudah siap di masjid saat bel istirahat siang dibunyikan.
Sejak sekolah kembali luring, sholat dzuhur berjamaah di masjid sekolah adalah kegiatan keagamaan luar kelas yang saya impikan. Saya berpikir bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam menumbuhkan budaya keagamaan atau religious culture di sekolah.
 Budaya keagamaan menjadi media yang strategis untuk mewujudkan profil pelajar pancasila, terutama pada aspek keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia siswa.
Secara normatif, pendidikan diharapkan dapat memberi petunjuk bagi keberlangsungan kehidupan sesuai dengan tata nilai ideologis, agama dan kultur bangsa. Sedangkan secara material, pendidikan seyogyanya dapat memberikan pengetahuan yang dapat  memajukan dan mempertinggi kualitas hidup manusia.
Untuk dapat mewujudkannya dibutuhkan proses kreatif dan inovatif dari penyelenggara pedidikan, baik guru maupun orang tua dan stake holder kebijakan pendidikan lainnya.  
Kreativitas guru dalam mendidik  memegang peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Model belajar yang yang digunakan mencerminkan seberapa kreatif guru dalam mengajar. Sering dijumpai guru lebih “menikmati” menggunakan model yang tradisional dan konvensional, dimana guru menjadi pusat perhatian siswa tanpa melibatkan siswa agar aktif dalam pembelajaran. Termasuk didalamnya adalah pelajaran Pendidikan Agama Islam
Karena itu dibutuhkan aktifitas di luar kelas untuk menumbuhkan semangat keberagamaan peserta didik. Aktifitas ini seyogyanya tidak hanya dilakukan oleh guru agama dan siswa, tetapi oleh seluruh komponen pendidikan yang ada, 
Upaya meciptakan budaya keagamaan atau religious culture di sekolah adalah dalam rangka mengamalkan ajaran dan nilai-nilai yang menjadi tujuan pendidikan  nasional seperti yang diamanatkan oleh undang-undang.
Penciptaan religious culture dapat dilakukan dengan mengadakan  berbagai aktivitas keagamaan, seperti sholat dzuhur berjamaah, sholat dhuha, peringatan hari besar Islam (PHBI), mengucapkan salam (assalamu’alaikum), tadarus al-Qur’an, berbusana muslim bagi  siswi dan aktivitas lainnya
Budaya keagamaan diartikan sebagai kebiasaan yang dilakukan secara rutin dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan pengamalan ajaran agama. 
Guru agama harus mampu meyakinkan seluruh sivitas akademika di lembaga pendidikan, terutama kepala sekolah, akan pentingnya budaya keagamaan tersebut.
Kembali pada kegiatan dzuhur berjamaah, ini bisa dijadikan sebagai sarana bagi siswa untuk lebih mencintai masjid dan menumbuhkan semangat kebersamaan siswa-siswi muslim juga.
Sholat yang dilakukan secara berjamaah, apalagi di masjid, secara langsung ataupun tidak, akan melahirkan jiwa ukhuwah Islamiyah siswa. Anak akan terbiasa dengan berjamaah, yang dalam arti yang lebih luas adalah sebagai bentuk penjabaran dari persatuan umat Islam.
Di tengah ketertinggalan umat Islam saat ini, maka sholat berjamaah di masjid dapat menjadi gerakan untuk membangkitkan kembali semangat umat untuk mengejar ketertinggalannya dari umat lain. 
Secara formal, pendidikan agama di sekolah bertujuan untuk mewujudkan siswa yang mampu menjalankan ibadah dalam kehidupan sehari-harinya. Dengan adanya budaya keagamaan yang kondusif di sekolah melalui kegiatan sholat dzuhur berjamaah akan membantu mewujudkan tujuan tersebut.
Ya... paling tidak sholat dzuhur berjamaah di masjid sekolah diharapkan ikut berkontribusi dalam menciptakan profil pelajar pancasila.
"Ayo anak-anak... semuanya kembali ke kelas masing-masing!" Demikian yang saya ucapkan saat tadi siang membimbing anak-anak sholat dzuhur berjamaah. 
Sebuah asa dalam hati muncul, semoga mereka menjadi generasi yang sholih dan sholihah.
Terima kasih Bu Sri Mulyani, guru BK, dan Bu Ratih yang secara rutin ikut membimbing anak-anak putri saat shalat dzuhur berjamaah.

# catatan abwah

Komentar

Posting Komentar

Terpopuler

MATERI PAI SMA/SMK KELAS 10; KURIKULUM MERDEKA

MATERI POKOK PAI  SMA/SMK KELAS 10  KURIKULUM MERDEKA BUKU PAI KELAS 10 A. SEMESTER GANJIL | 1| Berkompetisi Dalam Kebaikan  (q.s. Al-Maidah ayat 48) Dan  Etos Kerja Dalam Islam (q.s. At-Taubah ayat 105) PPT KOMPETISI DALAM KEBAIKAN PPT Etos Kerja |2|  Syu'abul Iman (Cabang-cabang Iman) PPT Syu'abul Iman (pengantar) |3| Mahabbah ( mencintai Allah), khauf, raja' dan tawakal PPT Mahabbah Khauf Roja Dan Tawakal VIDEO CERAMAH "KHAUF DAN ROJA'" |4| Sumber Hukum Islam: Al-Qur'an, al-Hadits dan Ijtihad  PPT Sumber Hukum Islam |5| Sejarah Masuknya Islam di Indonesia: Teori Masuknya Islam  GOOGLE EARTH PPT Sejarah Masuknya Islam di Indonesia B. SEMESTER GENAP | 1 | Menjauhi pergaulan bebas dan perbuatan zina (Q.s Al-Isra: 32 dan An-Nur: 2 serta hadits yang relevan) PPT Larangan Pergaulan Bebas ARTIKEL TENTANG LARANGAN PERGAULAN BEBAS | 2 |  Menghindari Akhlak Tercela (Foya-Foya, Riya, Sum'ah, Takabur dan Hasad)   PPT Berfoya-foya sumah hasud riya dan ...

MATERI POKOK PAI DAN BUDI PEKERTI SMA/SMK KELAS 12; KURIKULUM 2013

  Buku PAI dan Budi Pekerti Kelas 12 MATERI POKOK PAI DAN BUDI PEKERTI SMA/SMK KELAS 12 KURIKULUM 2013 A. SEMESTER GANJIL |1| Berpikir Kritis (q.s. Ali-Imran ayat 190-191) dan Bersikap Demokratis (q.s. Ali-Imran ayat 159) MATERI PEMBELAJARAN; PPT BERFIKIR KRITIS DAN BERSIKAP DEMOKRATIS pdf VIDEO PEMBELAJARAN; BERPIKIR KRITIS DAN BERSIKAP DEMOKRATIS |2| Iman Kepada Hari Akhir PDF materi iman pada Hari Akhir VIDEO PEMBELAJARAN; IMAN KEPADA HARI AKHIR |3| Pernikahan Dalam Islam MATERI PEMBELAJARAN; PPT MUNAKAHAT pdf MATERI PEMBELAJARAN; SIMULASI AKAD NIKAH |4| Strategi Dakwah dan Perkembangan Dakwah Islam di Indonesia B. SEMESTER GENAP | 1 | Sykur Nikmat dan Berlaku Ihsan (Q.S. Luqman 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah 83 serta hadits yang terkait) MATERI PEMBELAJARAN; PPT SYUKUR NIKMAT DAN BERBUAT IHSAN pdf VIDEO PEMBELAJARAN; SYUKUR NIKMAT | 2 | Iman Kepada Qada dan Qodar MATERI PEMBELAJARAN; PPT IMAN KEPADA TAQDIR pdf VIDEO PEMBELAJARAN: IMAN KEPADA QADA DAN QADAR | 3 | Hukum Waris Dalam I...

RASUL MANUSIA PILIHAN

Tanggal di kalender menunjukan 27 September 2022 bertepatan dengan 1 Rabi'ul awal 1444 H. Bertemu kembali dengan bulan Rabi'ul awal. Bulan ini memiliki kesan yang spesial bagi umat Islam di seluruh penjuru dunia. Di beberapa daerah, lebih terkenal dengan sebutan bulan Maulid atau Mulud. Di bulan inilah, tepatnya tanggal 12, Nabi Muhamad saw dilahirkan oleh ibunya yang bernama ibunda Aminah di Kota Mekah. Ada banyak kisah dan cerita terkait dengan peringatan maulid nabi ini. Umat Islam di penjuru dunia mengadakan kegiatan yang terkait dengan hari kelahiran nabi ini. Mulai dari komunitas muslim level terendah sampai level tertinggi. Dari tingkat RT di mushola dan masjid kecil sampai tingkat istana negara dan masjid besar, peringatan maulid nabi diadakan untuk mengenang perjalanan hidup nabi Muhammad tercnta. Sebuah kisah menyebutkan, ketika pasukan muslim sedang mengalami krisis motivasi dan semangat dalam berjuang dan bertempur melawan pasukan Nasrani dalam perang salib, maka s...